Sunday, May 20, 2012

Awas, Stres Dan Lelah Penyebab Penyakit Lupus

Stress merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit Lupus. Keadaan stress yang di derita pasien serta kelelahan yang teramat sangat menjadi merangsang dan menyebab seseorang terserang lupus. Stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang

Lupus merupakan penyakit kelainan, penyakit ini setara dengan kanker yang dapat berdampak pada kematian. Tidak sedikit juga penyandang penyakit Lupus ini. Telah tercatat sekitar mencapai lima juta jiwa yang telah terdeteksi penyakit ini setiap tahunnya. Nama Lupus tersendiri diambil dari se ekor binatang yaitu srigala atau anjing hutan.

Penamaan tersebut bukan karena penyakit ini berasal dari srigala atau anjing hutan, tapi lebih menjurus akan penyakit tersebut dikarenakan kelainan kulit berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Penyakit ini dalam ilmu kedokteran disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE), yaitu ketika penyakit ini sudah menyerang seluruh tubuh atau sistem internal manusia. Dalam ilmu imunologi atau kekebalan tubuh, penyakit ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS. Pada Lupus, tubuh menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibodi atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri. Dengan demikian, Lupus disebut sebagai autoimmune disease (penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan).

Demikian pemaparan kepala Sub Bagian Reumatologi RSU Wahidin Sudirohusodo  dr Faridin  saat membawakan materi mengenai Bahaya Penyakit Lupus di Restoran Himalaya Jl Latimojong,Minggu (20/5/2012).

Karena itu, Faridin  menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terlalu lelah dan memaksakan diri untuk terus beraktivitas.

"Beristirahatlah saat Anda merasa terlalu lelah karena selain faktor kelainan gen,terlalu lelah sangat berpotensi untuk memicu Lupus," kata Faridin.

Selain itu, sebaiknya sejak dini hindari stress yang berlebihan karna stress sama dengan lelah berlebihan yang memicu seseorang bisa menderita  penyakit Lupus seumur hidup.



Sumber ::
Shared 1st :: Tribun timur
Shared 2nd :: Tribun-timur.com
Pict :: Google pict


Salam santun ukhuwah fillah & mari berbagi sobat... ^_*05

0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo