Tuesday, May 1, 2012

Satu Menit Yang Penuh Berkah



Bismillaahirrahmaanirrahiim

Sobat mayaku semua, kali ini saya ingin berbagi artikel yang saya dapatkan dari salah satu saudara seiman kita, semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan kita semua di dunia dan akhirat. Insya Allah… Aamiin…

Sobat, coba kita pikir-pikir dan ingat-ingat lagi, ada berapa banyak waktu kita yang terbuang percuma, padahal sebenarnya waktu itu bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk menjadi bekal di akhirat nanti. Alhamdulillaah sobat dalam agama islam, agama yang penuh dengan cahaya kebaikan dan jalan kebenaran, agama yang tidak pernah memberatkan ummatnya bahkan sungguh ada banyak jalan untuk mengerjakan amal kebajikan meski mulai dari hal yang dianggap terkecil bahkan hal tersebut kadang kita abaikan begitu saja.

Amal-amal kebajikan ini adalah amalan yang dapat kita kerjakan pada saat berjalan, sedang mengendarai kendaraan, sedang berdiri, sedang duduk ataupun sedang berbaring-baring santai. Amalan-amalan tersebut terangkum dalam poin-poin dibawah ini :
a. Coba sobat fikir, dalam waktu satu menit, kita dapat membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 15 kali.

Rasulullah SAW bersabda : “Demi Dzat yang menguasai diriku, sesungguhnya nilai surat Al-Ikhlas serupa dengan sepertiga Al-Qur’an (HR. Bukhari)

b. Dalam waktu satu menit, kita bisa membaca Surat Al-Fatihah sebanyak lima kali.
Rasulullah SAW pernah berkata kepada Ibnu Ma’ali “Aku hendak mengajarimu sebuah surah yang nilainya lebih utama di antara surat-surat yang ada dalam Al-Qur’an.” Kemudian Beliau melanjutkan “ (Yaitu), Bacalah ‘Alhamdulillaahi rabbil aa-lamiin’, yaitu surat Al-Fatihah dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadaku.” (HR. Bukhari)

c. Dalam waktu satu menit, kita bisa membaca “Subhanallaah wa bihamdihi, subhanallaah al-azhim” sebanyak 50 kali.

Rasulullah SAW bersabda “Dua kalimat yang ringan di lisan dan berat di timbangan, dan dua-duanya disenangi oleh Allah yaitu kalimat ‘Subhanallaah wa bihamdihi, subhanallaah al-azhim’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

d. Dalam waktu satu menit, kita bisa membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak 20 kali, di mana bacaan itu sama halnya dengan kita membaca shalawat atas Nabi sebanyak 200 kali (Seingat saya ya sobat, saya pernah membaca salah satu buku maaf, saya lupa judulnya, hehe.. kurang lebih seperti ini inti pesannya “(Allah SWT berfirman : barangsiapa yang bershalawat atas Nabi Muhammad Saw sebanyak 1 kali maka akan Allah sampaikan padanya pahala 10 kali lipatnya)”

e. Dalam waktu satu menit, kita bisa memohon ampunan kepada Allah (Astagfirullaah al-adzim) lebih dari 70 kali, dan memohon ampun kepada Allah, yang Insya Allah atas seiizin-Nya dapat menyebabkan terhapusnya dosa, masuk surga, menghilangkan malapetaka, memudahkan segala urusan, mendapat karunia baik berupa harta maupun anak-anak.

f. Dalam waktu satu menit, kita bisa membaca kalimat “lâ ilâha illa Allah wahdahu la syarîkalah lahu al-mulk wa lahu al-hamd wa huwa ala kulli syai qadir” sebanyak 20 kali.
Rasulullah bersabda,”Barang siapa yang membaca kalimat ‘lâ ilâha illa Allah wahdahu la syarîkalah lahu al-mulk wa lahu al-hamd wa huwa ala kulli syai qadir’ sebanyak 10 kali, maka dia seperti seseorang yang telah memerdekakan empat jiwa dari seorang anak seperti Nabi Ismail.” (HR. Bukhari dan Muslim)

g. Dalam waktu satu menit, kita bisa membaca kalimat “la haula wa la quwata illa billahi” sebanyak 40 kali.

Diriwayatkan dari Abu Musa, bahwa Rasulullah pernah bersabda kepadanya, “Tidakkah kamu ingin aku beritahukan tentang harta simpanan di antara harta simpanan yang terdapat di surga?” Abu Musa menjawab, “Baiklah, wahai Rasulullah.” Kemudian Rasulullah bersabda, “Bacalah kalimat ‘la haula wa la quwwata illa billahi’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

h. Dalam waktu satu menit,kita bisa membaca kalimat “subhanallah wa bihamdihi” sebanyak 100 kali.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca kalimat ’subhanallah wa bihamdihi’ sebanyak 100 kali dalam sehari, maka dosa-dosanya akan dilebur, walaupun dosa-dosanya seperti buih air laut.” (HR. Bukhari dan Muslim)

i. Dalam waktu satu menit pula, kita sebenarnya bisa mencegah kemungkaran dengan hikmah dan tutur kata yang baik. Atau menganjurkan berbuat kebajikan, mementingkan arti sebuah nasehat untuk sahabat, turut berbelasungkawa atas seseorang yang ditimpa musibah, menyingkirkan benda yang menghalang-halangi jalan umum.Semua ini termasuk jenis amal kebajikan.

Dalam kitab al-Durar, sebuah kitab yang ditulis untuk menasehati anaknya, terutama dalam bab Melembutkan Hati; Upaya Menasehati Anak, Ibnu Qayyim al-Jauzi berkata, “Ketahuilah wahai anakku, sesungguhnya hari mencakup jam, dan setiap jam mencakup hembusan nafas, dan setiap hembusan nafas adalah bekal. Maka dari itu, hati-hatilah jangan sampai saat menghembuskan nafas tidak melakukan hal-hal yang bermanfaat. Maka pada hari kiamat kamu akan menyaksikan dirimu hanya sebuah tempat yang kosong dan kamu akan menyesal.”

Nahh sobat mayaku, mari kita berlomba-lomba mengumpulkan amalan-amalan kebaikan, sama-sama belajar untuk menjadikan waktu kita penuh dengan barokah dari-Nya, menjadikan hidup kita jauh lebih bermakna dengan semakin mendekatkan diri padaNya, semoga perjalanan hidup kita bermuara pada Syurga-Nya, dan ibadah-ibadah yang kita lakukan baik yang wajib maupun yang sunnah diterima di Sisi-Nya serta mendapat Ridho dari-Nya. Aamiin…

Sumber ::
Pict :: Google pict

 Salam santun ukhuwah fillah & mari berbagi sobat... ^_*05

0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo