Thursday, July 7, 2011

CARA MENGATASI SAKIT TENGGOROKAN


Pernah sakit tenggorokan? Pasti pernah! Saya, Anda, atau pun orang-orang di luar sana, baik anak-anak maupun dewasa, pasti pernah mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan memang sangat mengganggu karena rasa sakit tersebut menyebabkan kita susah untuk menelan makanan, sulit berbicara bahkan kehilangan suara. 

Berbagai cara mengatasi sakit tenggorokan pastilah segera kita lakukan karena biasanya sakit tenggorokan merupakan gejala awal terjadinya pilek, radang amandel, atau karena batuk. 

Penyebab Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan bisa terjadi karena makanan tinggi karbohidrat seperti biskuit, kebanyakan minum es, makan makanan yang banyak vetsin, stres, merokok, konsumsi alkohol berlebihan. Bisa pula terjadi karena perubahan musim, yaitu saat memasuki musim penghujan di mana daya tahan tubuh kita berkurang karena perubahan cuaca dan menyebarnya virus yang sering muncul di awal musim penghujan.
Sakit tenggorokan biasanya disertai juga dengan sakit kepala, sendi dan otot terasa ngilu, serta demam. Jika diperiksa, tenggorokan akan terlihat berwarna merah dan meradang. 

Namun, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri sehingga jika mengalami sakit tenggorokan maka cara mengatasi sakit tenggorokan ini tidaklah harus dengan meminum antibiotik. Terlalu banyak antibiotik yang kita konsumsi akan membuat tubuh kita kebal terhadap antibiotik.
Banyak cara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Dengan cara-cara alami tersebut maka ketergantungan kita terhadap antibiotik dapat dikurangi. Bagaimana pun antibiotik juga memiliki efek samping, yaitu dapat merusak bakteri baik di dalam pencernaan kita.

Berikut ini adalah cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami :
a. Berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam.
b. Meminum campuran air perasan jeruk nipis yang diberi sedikit madu dan parutan jahe.
c. Berkumur dengan jus lidah buaya.
d. Perbanyak minum air putih.
e. Bisa mengonsumsi obat atau larutan penghilang sakit tenggorokan yang dijual bebas di apotik dan toko obat.
f. Perbanyaklah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Selain untuk mengobati sakit tenggorokan, vitamin C juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit flu dan batuk.
g. Biasakan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan makanan-makanan yang mengandung betakaroten.
h. Minumlah segelas susu hangat yang telah dicampur dengan madu untuk meredakan rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan.
i. Berhenti merokok adalah alasan yang paling utama bagi para perokok yang sering diserang sakit tenggorokan.
j. Kurangi minum-minuman yang mengandung alkohol dan bersoda.
k. Istirahat yang cukup.
l. Kurangi kena angin malam.
m. Mengisap uap dari air hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan dan mampu membantu mengeluarkan lendir yang biasanya muncul pada saat sakit tenggorokan.
o. Jika sakit terus berlanjut dan berlangsung lama, kunjungilah dokter langganan keluarga Anda. Jangan membiasakan diri untuk mengonsumsi sembarangan obat tanpa pengawasan dari dokter karena bisa menyebabkan gangguan ginjal dan liver.


(** Sumber : BlogSehat.com)

0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo