Tuesday, December 25, 2012

HIDUP YANG SEHAT BERGANTUNG DARI KELESTARIAN SUMBER AIR MINUM YANG BERSIH



Sumber Gambar : Google
Air merupakan kebutuhan primer atau utama dalam kehidupan. Dan tanpa air yang bersih takkan sehat keberlangsungan hidup kita semuanya. Dewasa ini, konon katanya zaman kian berkembang sehingga yang tampil saat ini bukan lagi penghijauan negeri tapi penggedungan negeri,  hal ini pula lah yang mempengaruhi keberadaan hal primer yang kian langka ini seiring berjalannya waktu. Memprihatinkan memang, karena hampir saja tak ada air bersih  yang ditemui di pemukiman penduduk atau warga, terkhusus perkotaan. Kesemuanya kurang lebih menggunakan air kemasan untuk konsumsi minum keseharian.

Sedang warga pedesaan kebanyakan dari mereka mengonsumsi air minum yang bersumber dari sumur ataupun sungai dengan memasaknya terlebih dahulu. Namun fakta yang menyedihkan dibalik pengonsumsian air tanak ini adalah terkadang air tersebut setelah dimasak mengandung kapur dan beberapa zat lain (merkuri, pestisida, karat, besi --blogdetik.com) yang tak dapat hilang meskipun telah  di masak sebelumnya. Akibatnya, hal ini dapat membahayakan kesehatan yang mengonsumsinya secara berkepanjangan.

Maka dari itu penting kiranya kesadaran banyak pihak untuk tetap menjaga kelestarian sumber air minum agar senantiasa bersih, demi terwujudnya kesehatan yang merata secara umum. Sehingga sumber air minum pun tak sesulit mencari jarum dalam jerami. Dan dalam hal ini pihak masyarakat, pemerintah serta industri-industri harus bersinergi untuk dapat mewujudkan tujuan bersama tersebut.

Beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian air minum yang tetap bersih antara lain tetap menjaga kehijauan lingkungan terdekat, tidak membuang sampah sembarangan, serta menggunakan air secara efisien dan efektif. Adapun penggunaan air secara efisien dan efektif bisa ditempuh dengan cara menggunakan air seperlunya saja saat mck (mandi,cuci, kakus) sehingga keperluan air minum pun dapat terpenuhi dengan bersumber dari air keran. Namun air keran tentu saja perlu diproses agar layak konsumsi, dan unilever telah memberikan kabar gembira kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi terbarunya yaitu pureit, water purifier (pemurni air) yang menggunakan teknologi modern dan canggih yang dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit. Penggunaan pureit pun dapat sangat membantu kebutuhan masyarakat karena pureit tak menggunakan listrik dan gas, tak perlu dimasak terlebih dahulu, cukup dengan menuangkan air keran (air tanah/air PAM) ke wadah bagian atas pureit (blogdetik.com).

Dilain pihak, yakni pihak pemerintah perlu memberikan sanksi tegas dan berat bagi yang mencemari lingkungan, dan yang melakukan penggundulan hutan juga sekitarnya, serta menyediakan ruang terbuka hijau yang lebih banyak di kawasan perkotaan. Sedang untuk pihak industri perlu melakukan pengelolaan limbah dengan baik dan tidak membuang limbahnya lagi ke sumber air yang ada disekitarnya.

Diharapkan dengan adanya kerjasama yang baik yang terjalin antara pihak-pihak tersebut mampu menyelamatkan kelestarian sumber air minum yang senantiasa bersih, sehingga air minum yang bersih untuk kita saat ini serta anak cucu dan penerus kita di masa yang akan datang tak akan langka lagi. Karena hidup yang sehat bergantung dari kelestarian sumber air minum yang bersih.

   

 ***
Nama Lengkap : Haerani Mahmud
Facebook : Rhany Khairani Machmud
Twitter : @Rainy_violet


0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo