Saturday, February 9, 2013

Indonesia World Heritage Nature


Assalaamu'alaikum...


Sobat, ternyata ada beberapa objek wisata di Indonesia yang menyandang status “world Heritage Of Nature”. Nah, berdasarkan ulasan pada cerita-indonesian.blogspot.com, objek wisata tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Taman Nasional Ujung Kulon

UNESCO pada tahun 1991 mengakui Taman nasional Ujung Kulon, taman nasional pertama yang diresmikan di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Taman Nasional ini terletak di bagian paling barat Pulau Jawa. Taman yang juga meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Handeleum dan pulau Peucang ini memiliki luas sekitar 1.206 km², dimana 443 km² diantaranya adalah laut.




Taman ini dulunya merupakan daerah pertanian yang kemudian hancur lebur dan habis penduduknya akibat letusan Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883. Akibat dari letusan gunung tersebut akhirnya kawasan ini berubah menjadi hutan kembali.


2.      Taman Nasional Komodo

UNESCO juga mengakui Taman Nasional Komodo sebagai salah satu world heritage. Taman yang terletak di antara pulau Sumbawa dan Flores ini terdiri dari tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya.

Taman yang didirikan pada tahun 1980 ini, bertunjuan untuk melindungi komodo serta habitatnya. Selain komodo, di taman nasional ini juga terdapat 277 spesies hewan lainnya yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia.

Selain itu, terdapat pula sekitar 253 spesies terumbu karang di perairannya yang terkenal juga sebagai salah satu titik terbaik di dunia untuk menyelam.


3.      Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz yang terletak di papua Barat diakui oleh UNESCO pada tahun 1999. Dengan luas wilayah sebesar 25.000 km², tamannasional yang satu ini menjadi taman nasional yang terbesar di Asia Tenggara.

Kawasan ini juga merupakan salah satu di antara tiga kawasan di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis. Taman ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang mengagumkan. Jenis-jenis satwa yang sudah diidentifikasi di taman ini berjumlah sekitar 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia.

Jenis burung yang menjadi ciri khas taman nasional ini adalah  dua jenis kasuari, empat megapoda, 31 jenis dara/merpati, 30 jenis kakatua, 13 jenis burung udang, 29 jenis burung madu, dan 20 jenis endemic diantaranya cendrawasih ekor panjang (Paradigalla caruneulata) dan puyuh salju (Anurophasis Monorthonyx).

Dan satwa mamalia yang tercatat antara lain babi duri moncong panjang (Zaglossus bruijnii). Babi duri moncong pendek (Tachyglossus aculeatus), 4 jenis kuskus, walabi, kucing hutan, dan kanguru pohon.

***
Sobat, sebenarnya Indonesia itu adalah salah satu Negara yang masuk kategori surga dunia, mengapa ?? karena di Indonesia semua hal telah dianugerahkan ALLAH SWT, keanekaragaman hayati dan hewani, beraneka hutan, serta masih banyak keindahan lainnya. Hanya saja kita sebagai penduduk yang mendiami yang terkadang tak mensyukuri pemberian ALLAH SWT ini. Jika saja pemerintah benar-benar ingin memajukan bangsa maka Indonesia akan menjadi Negara yang disegani oleh dunia. Tapi kita jangan menyerah karena Indonesia bukan milik pemerintah saja tapi milik kita semua, maka dari itu rasa cinta harus dimulai dari diri kita dan lingkungan sekitar. Mari cintai Indonesia.



Sumber :
Cerita-indonesia.blogspot.com
Annida-online.com
Google image


Wassalaam







Salam santun ukhuwah fillah & mari berbagi sobat... ^_*05

0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo