Friday, September 28, 2012

Mendadak Juliet









Gue,, gue siapa yah ? artis bukan, selebritis bukan (lho bukannya sama aja ?), komedian bukan, presenter bukan, mmmhh,, apalagi koruptor, lebih bukan lagi. Gue yah gue, gue bukan elu, elu bukan gue. Ya, this is it, Uppss,, Ralat, this is me. Yuhuii, gue… is…. Enjel. Enjelia Sonthak.

Sontak seisi ruangan bertepuk tangan.                 

***
Audisinya gimana njel, lancar nggak ?” Tanya Mariyam belskolah sobat gue

Huuhh,, gue setrees banget bel, gue nggak nyangka, dia tuh,, ohhhhhh” gue maju ke depan sambil menatap langit

Yailah lu, bikin gue penasaran aja, apa ? hayooo cepetan dong” Si bel narik-narik baju gue

Iya, iya,, nggak sabaran banget si lu, orang sabar di sayang Allah, kata guru ngaji gue ‘Wallaahu Ma ash-shabiriin, Dan Allah beserta orang-orang yang sabar’ [2:249]” Kilah gue sempurna

Yailah, ceramah lagi, iya, iya gue tahu, cepetan cerita” Bel memajukan bibirnya 10 senti

Kata guru ngaji gue ‘Sesama muslim kita harus saling mengingatkan’, jadi itu sudah tugas gue ngingetin elu bel” gue coba menyembunyikan kekecewaan dengan menambahkan mimik yang serius sembari mengembangkan tangan menjelaskan

Dringg…dringg…dringg

Tuh kan… lu kelamaan ceramahnya sih, keburu bel tuh, ahh lu nyebelinn” bel berlari ke kelas     

***
“Hari yang mendung untuk jiwa yang sedih.” Slogan ini keren banget dah. Keren kan ? kan, kan, kan ? (pembaca komen : trus gue harus bilang Wow gitu !)
Dengan kaki yang satu per satu melangkah maju ke depan [kalo ke belakang mundur namanya], gue bersenandung lirih sembari menyusuri jalan-jalan berbatu nan berdebu ‘aku pulang, tanpa dendam, kuterima kekalahanku, kau ajarkan aku bahagia, kau ajarkan aku derita [SO7].

Sampai rumah, emak senyum-senyum melihat anak tunggal setunggal-tunggalnya bersenandung.

Lu kesambet apa njel, tumben pulang-pulang nyanyi biasanya juga ngos-ngosan” Sapa emak sambil nyiapin piring hello kitty kesukaan gue

Gue pun duduk, lalu terpaksa senyum lebar, melebihi lebar daun pintu “ Gini mak, Enjel… Enjel… Enjel….

Iya, lu kenapa ? emak tau nama lu Enjel, orang emak yang kasi nama biar cantik kaya’….

Mak nggak usah lanjutin itu, gue ya gue, gue bukan dia, dia bukan gue, gue nggak mau hari ini jadi hari paling sakit hati buat gue, gara-gara ditambah mak muji-muji dia lagi dia lagi, gue iri sama dia yang selalu mendapatkan yang dia inginkan, pokoknya gue nggak mau dengar nama dia” Gue nyerocos ngikutin gaya ngomong-nya fitrop abis itu langsung nutupin wajah, auww malu

Emak pun duduk seraya berujar “Iya, iya, emang lu kenapa sih ?

Gue membuka tutupan wajah lalu natap emak dalam-dalam “Mak,, enjel mau nanya, waktu emak ketemu sama bapak gimana ceritanya ?

Oohh,, jadi anak emak lagi jatuh cinta nih ?” Emak balas natap ditambah senyum-senyum dikurang mata-nya nutup satu

Kali ini gue pun senyum-senyum, nunduk, muka gue memerah, merona, tersipu-sipu, malu-malu sekucing-kucingnya. Uhuy.

Tatapan emak berlanjut “Halah,, pake nanya-nanya pertemuan emak bapak segala lagi. Emak ketemu sama bapak ituuu,,,” emak menerawang sejenak “waktu bapak narik becak, emak jadi penumpangnya, dan kami saling jatuh cinta pada pandangan pertama” ujar emak seraya tersenyum tipis, tipiiisss banget

Houuww,, romantis banget mak,, enjel jadi iri” Gue menutup mulut terpesona seraya membayangkan gue dengan si dia.

***
Usai sholat isya berjamaah, gue masuk kamar. Merenung, membayangkan kejadian di aula kesenian siang tadi --Dia memberikan gue kesempatan untuk memperkenalkan diri, dan dengan PD-nya gue nyerocos panjang lebar. Dia tepuk tangan, terus berkomentar “Lu kreatif njel”.

Gue benar-benar melayang-layang. Gimana nggak, orang yang selama ini gue tatap dari jauh, sering curi-curi pandang, ketua osis sekaligus pemeran teater terganteng di sekolah itu, muji gue. Catet. MUJI GUE ! OMG, betapa indahnya dunia saat itu.

Tapiii… Tiba-tiba saja gue meringsek jatuh ke jurang, saat dia bilang “Mmmhh,, lu emang kreatif sih, tapi belum cocok jadi pemeran Juliet, kita nyari yang wajahnya good looking1)”. OhMyGod. Hati gue seketika hancur, hancur banget, dan lu nggak akan tau rasanya sebelum berada di posisi gue sekarang. Ahh. Gue miris. Miris banget [Sambil menyeka aliran deras di pipi juga hidung ditambah lagi mukul-mukul-in tembok lalu bilang “jahat-jahat, *lebay*].

Menit berselang, gue menata ulang posisi bantal, guling juga sleepcover (sarung, red ^_^), walaupun kesedihan gue benar-benar memuncak hari ini, gue tetap menghargai hak tubuh gue untuk istirahat seperti biasa. Dan sebelum tarik sarung, gue menengadahkan tangan [pembaca : nengadah buat apa ? gue : ya berdo’a lah, tenang aja gue nggak do’a minta duit lu kok, GR amat, maklum lagi sensi].

Kali ini do’a gue berubah tipis nggak kayak kemarin-kemarin, tipis-nya sebelas dua belas-lah sama lingkaran badan ikan paus mini “Yaa Allah walaupun gue belum ditakdirkan jadi pemeran Juliet di drama sekolah, buatlah gue menjadi Juliet di dunianya Panji, di dunianya Panji, di dunianya Panji Yaa Allah, gue akan ngelakuin apapun asalkan bisa jadi Juliet-nya panji, Juliet-nya Panji Mozaik Yaa Allah 

Do’a itu berputar-putar. Berpilin menggetarkan langit.

***
Pagi yang cerah banget, menuntut gue menambah skala kecepatan langkah, irama nafas, dan kecekatan menyiapkan sapu tangan yang setebal handuk mandi bapak terus dikali 7 [sapu tangan apa kain pel tuh ? *EGP*]. Mentari benar-benar bersemangat bertugas hari ini. Dia tak membiarkan satu ruas jalan pun terlewatkan begitu saja, jangan-kan satu ruas, lima ruas aja nggak dilewatin.

Dan setelah sampai di gerbang terlihat dari jauh sosok yang selama ini gue impi-impikan. Panji, ya panji. Dia menghampiri gue.

Hee, Juliet, ngapain lu pulang semalem? Tugas lu belum selesai ! potong rumput juga bersiin kolam renang, denger ya, lu nggak akan bisa kabur gitu aja, SEKARANG cepetan semir sepatu gue” Panji membentak seraya menjulurkan kaki-nya

Gue yang baru saja mengelap keringat terakhir terheran-heran “Apa ? Juliet ? potong rumput ? kolam renang ? nyemir sepatu?

 Pake lugu lagi, cepetan semir sambil nyanyi, sekalian bawa tas gue dan nanti beliin gue es teh blang, inget harus yang belang-belang ! kalo nggak lu yang gue belangin” Masih dengan tatapan garang-nya, panji melempar tas

Gue makin terperangah. Masih nggak percaya, si panji menghampiri lalu nyuruh-nyuruh gue seenak jidat-nya. OhMyGod, apa yang terjadi sebenarnya ? Dengan wajah yang penuh kebingungan, gue nyemir sambil nyanyi (kau yang telah menghampiri aku, kau juga yang nyuruh-nyuruh aku, kau teriak lagi padahal aku tak tuli *dengan wajah menghayati banget ala teh syahrini, yah pokoknya seswanto deh*).

***
Lu kenapa njel, murung gitu ?” Tanya Mariyam Belskolah

Yailah, marbel, lu kaya’ nggak liat aja, seharian ini panji nyuruh-nyuruh gue, ini-lah itu-lah, lu nyadar nggak sih, dia tuh kok bisa berubah serubah-rubahnya ya?” gue duduk di depan meja Mariyam belskolah

Si bel melambaikan tangan di depan muka gue “Yee, panji dah bener kalee, lu tuh yang sok insomnia, ehh amnesia

Gue bangkit membela diri “Maksud lu ? gue yang salah ? Lu tuh sobatnya siapa sih, gue atau si panji sok itu ?

Mariyam senyum-senyum sambil goyangin ponsel-nya “Ya elu lah sobat gue, nih lu liat deh, video di youtube yang viewer-nya bejibun nggak ketulungan, sinjo, briptu, udin, LEWAT, kalah sama ini nih

Gue merebut ponsel marbel. DAN ? Astaga gue bener-bener nggak percaya [dengan wajah dramatis nih à Pembaca percaya nggak ? nggak juga kan ?]. Gue nutup mulut. Perasaan gue campur aduk, kaya’ mi bakso campur sambal campur kecap tambah lontong, bawang goreng, daun bawang, kacang goreng, ehh, keceplosan lapernya.

Dan dengan wajah yang semakin bingung gue bertanya “Bel, kok gue ada di video ini ?

Giliran Mariyam yang bangkit “Halllooo Enjelia Sonthak ! ya gimana lu nggak ada, orang lu pemeran utamanya. Lu ingat nggak sih waktu lu nyuruh gue nyiapin styrofoam2) buat pementasan lu itu ? Lu nyatain cinta njel, nyatain ke panji, liat dong gaya lu di situ, mohon-mohon biar bisa sama panji selamanya, minta lu jadi Juliet di hidupnya lah, catet njel. Lu bilang lu akan ngelakuin apa-pun yang diminta panji asalkan lu jadi julietnya

Gue berkaca-kaca [bukan bercermin-cermin apalagi berbolak-balik] “Gue nggak pernah ngelakuin itu bel, gue cuma..

Cuma apa ? Cuma malu-maluin diri lu di seluruh dunia gitu ?” Potong Mariyam belskolah secepat kilat, kemudian menarik nafas sejenak “Gue sebenarnya kecewa banget sama lu njel, lu yang selama ini gue kenal baik, agamis, rajin ngaji, en de el el. Malah nekat nyatain cinta. Tapi karena lu mohon-mohon banget  dan ngancem bunuh diri, gue rela mensponsori kegiatan lu itu, bukan cuma sponsor tapi ikut nanggung malu juga,arrhh

Usai berkomentar panjang lebar mariyam belskolah bergegas pergi, meninggalkan gue merenung sendiri. Kini, Mariyam Belskolah sahabat gue dari bayi sampai sekarang pun tega meninggalkan gue begitu saja. Gue tahu dia kesal banget. Senyumnya telah menjelaskan segalanya *bawah 3 senti, kanan juga 3 senti, atas dan kiri-nya 4 senti*.

***
Tok.. Tok.. Tok…

Njel, njel bangun nak, njel,njel bangun, udah subuh. Njel ?

Gue melompat, melempar sarung terus cubit-cubit pipi, subuh ? berarti gue ? Astagfirullaah. Gue kucek mata lalu menengadah secepat-cepatnya [pembaca pasti mau nanya lagi, nengadah ngapain ? ngaku aja, dari pada ketangkap kering, nih gue berbaik hati ngejawab duluan : berdo’a lah, secara gue anak yang berbakti sama orang tua, rajin menabung, cuci piring, pinter nyanyi, jago matematika, akuntansi,  *lho ?* ] “Yaa Allah gue ralat do’a gue semalam, walaupun gue belum ditakdirkan jadi pemeran Juliet di drama sekolah, buatlah gue menjadi Juliet di dunia jodoh gue nanti, ya, nanti saja Yaa Allah, saat waktu yang telah Engkau tentukan tiba. Bukan Panji juga nggak apa-apa, gue yakin rencana-Mu jauh lebih indah. Yaa Allah gue mohon, do’a gue yang semalam di coret aja. aamiin
---------
 Dan manusia (seringkali) berdoa untuk kejahatan sebagaimana (biasanya) dia berdoa untuk kebaikan. Dan memang manusia bersifat tergesa-gesa” (QS. Al-Isra : 11)”


End

Makassar, Agustus 2012
                                                                                                                   
Keterangan :
1)      Good looking  : Indah dipandang alias cantik/tampan/berpenampilan menarik.
2)      Styrofoam       : Polimer turunan plastik.

                                                                                                                                        

0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo