Thursday, January 3, 2013

Dampak Stress, Sama Dengan Lima Batang Rokok






Assalaamu'alaikum...

Sobat, ada info penting nih mengenai kesehatan. Semoga Bermanfaat ya.

***
Columbia University Medical Center melakukan studi yang semakin menegaskan bahwa stress memiliki dampak yang buruk pada kesehatan kita. Terutama pada kesehatan jantung. 

Dikutip dari Medical Daily, stres memiliki pengaruh buruk pada kesehatan jantung. Saking berbahayanya, orang yang sedang dilanda stress memiliki resiko sakit jantung sama seperti orang yang merokok lima batang sehari.

Ini dikarenakan stres dapat membuat tekanan darah terus mengalami peningkatan. Sehingga efek dari tekanan darah tinggi yang menjulang dapat berujung pada serangan jantung, stroke hingga kematian.

Sob, bahaya stres yang berdampak besar ini rupanya tak memandang usia dan jenis kelamin. Jadi semua orang, baik pria maupun wanita dan berapapun usianya, perasaan stres yang melandanya, bisa berujung pada memburuknya kesehatan jantung.

Wah, serem ya sobat melihat kenyataannya. Apalagi zaman yang kian heboh ini membawa ratusan alasan untuk kita bisa stres setiap harinya. W.O.W deh...heheh... 

Nah sob apa yang mesti kita lakukan ketika stres ? Berikut ini ada beberapa tips yang semoga saja bisa menjadi ajang yang tepat untuk meredakan stres,, mariii sob :

1. Melakukan aktifitas kecil namun menyenangkan

School of Empathy (SOE) mengenalkan kegiatan baru dalam rangka meminimalisir stress yakni dengan tanzpro biodanza (menari dalam kehidupan). Biodanza yang disebut juga dengan dance of life adalah salah satu teknik intervensi terbaru dari ilmu psikologi, yang ditemukan oleh Rolando Toro dari Chile.

 Direktur Representative School of Empathy Indonesia Rustika Thamrin menuturkan teknik intervensi biodanza adalah pendekatan yang unik, karena mengutamakan ekspresi diri dan auto regulasi dengan menggabungkan berbagai kekuatan antara lain kekuatan musik, gerak dan tari, serta kekuatan interaksi kelompok.

Dia menuturkan dalam kegiatan biodanza ini, ada beberapa orang berkumpul di dalam satu ruangan dan melakukan berbagai gerakan seperti tarian, berjalan, serta berlari yang menyenangkan, sehingga bisa membuat peserta menjadi lebih rileks. Bahkan seperti kembali ke masa anak-anak yang sedang bermain gembira ria.

2. Perbanyak Mengingat Tuhan/Mendekatkan diri ke Tuhan

Kembali lagi kepada Sunnatullah, bahwa segala sesuatu terjadi atas izin-Nya. Dengan memperbanyak mengingat Tuhan otomatis perasaan kita pun lambat laun akan tenang dengan sendirinya.

Bagi kita yang beragama islam bisa dengan memperbanyak dzikir juga melakukan sholat sunnah serta puasa-puasa sunnah. Apalagi ALLAH SWT telah berfirman "Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan" (QS. Asy-Syarh : 5-6)

Bagi sobat yang beragama lain bisa melakukannya sesuai dengan ajaran agama sobat.
***
Okey sob ?? Semoga kedepan stres-stres yang menjalar di kehidupan kita semakin hari semakin dapat kita tangani. Karena stres yang dipelihara atau didiamkan hanya akan membuat kesehatan kita jadi taruhannya.




Wassalaam



Sumber :
1st shared (artikel dampak): Republikacolombia.id
2nd shared (artikel dampak) : gayahidup.plasa.msn.com
Gambar : Google



Salam santun ukhuwah fillah & mari berbagi sobat... ^_*05

0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo