Wednesday, January 30, 2013

Manfaat Jari Keriput Ketika Terendam Dalam Air






 Assalaamu'alaikum...

Sob,, pernah nggak mengalami jari keriput ketika bersentuhan dengan air dalam jangka waktu yang agak lama ?? Rainy rasa semua pernah ya,,hehe,, kalau belum coba sobat praktekkan..hihi

 Mungkin saja dari kita ada yang jengkel atau bahkan bingung dan bertanya-tanya. Nah, setelah diteliti oleh ilmuwan, ternyata jari keriput ini memiliki manfaat untuk membantu kita dalam melakukan berbagai aktivitas di air.


Berikut penjelasan ilmiahnya >>>
Apa penyebabnya ? Keriput di jari terjadi ketika pembuluh darah menyempit, yang membuat ujung jari menyusut dan kulit tertarik. Misalnya, ketika kita sedang mencuci piring, tangan kita pasti akan keriput sehingga lebih kesat dalam memegang piring-piring. Jadi, tangan keriput bisa menghentikan menjatuhkan piring-piring.

Tak hanya itu, jari keriput juga membuat seseorang lebih mudah memegang sesuatu di bawah air dan mengambil benda-benda yang basah, dengan mencegah kita menjatuhkan peralatan.

“Kerutan di jari-jari dalam kondisi basah bisa membantu mengumpulkan makanan dari vegetasi basah atau sungai,” ujar peneliti Tom Smulders seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan dari Newcastle University meminta partisipan untuk mengambil kelereng yang berbobot dan memindahkannya dari satu wadah ke wadah lain. Lalu, tangan partisipan direndam dalam air hangat selama setengah jam untuk membuatnya keriput.

Hasilnya, jari keriput lebih cepat saat memungut benda basah. Dan sebaliknya, jari keriput justru sulit memindahkan barang yang kering. 

Smulders menambahkan, kerutan jari kaki di kamar mandi juga bisa membantu ketika berjalan dan berlari di dasar yang licin.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Biology Letters. (jay)

***
Subhanallaah, ciptaan ALLAH SWT memang tak ada yang sia-sia ya sob. Mari senantiasa bersyukur ^_^05



Sumber :
 Duniafitness.com
http://id.she.yahoo.com
google image




 Wassalaam





Salam santun ukhuwah fillah & mari berbagi sobat... ^_*05






0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo