Wednesday, October 19, 2011

ANALISIS BIAYA LINGKUNGAN

 

Task Lecture
Tujuannya: Memahami berbagai jenis biaya lingkungan dan mendiskusikan manajemen biaya lingkungan

A.    PENDAHULUAN
Saat populasi dunia berkembang, memperluas kegiatan usaha, dan dunia yang tampaknya menyusut, jutaan orang di seluruh dunia lebih sadar akan sangat pentingnya melestarikan lingkungan kita untuk diri kita dan keturunan kita. Masalah-masalah seperti kualitas udara dan air, karsinogen tersembunyi, pemanasan global, dan konsumsi berlebihan sumber energi tak terbarukan merupakan berita utama setiap hari. Para pemimpin bisnis telah berbicara tentang keinginan pembangunan berkelanjutan, yang berarti kegiatan usaha yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan di masa kini tanpa membatasi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Banyak perusahaan yang berjuang untuk ecoefficiency lebih besar, yang berarti meningkatkan produksi barang dan jasa, sementara pada saat yang sama mengurangi efek merusak pada lingkungan produksi yang sayangnya, tidak semua perusahaan sama-sama berusaha keras untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.
Untuk memaksa perusahaan memperhatikan isu-isu lingkungan, di Amerika Serikat memiliki undang-undang lingkungan, seperti US Clean Air Act dan AS U.S. Superfund Act, serta badan pengawas federal, inisiatif lingkungan juga, seperti Protokol Kyoto, yang berusaha untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang dipercaya banyak ilmuwan berkontribusi pada pemanasan global. Sedangkan di Indonesia, pemerintah mengeluarkan Undang-undang Lingkungan Hidup yang mewajibkan industri-industri untuk melakukan pengelolaan lingkungan sehubungan dengan aktivitas usahanya.
Suatu industri perlu mengukur dampak lingkungan dari aktivitas produksi baik dampak lingkungan secara fisik dan juga dampak lingkungan secara finansial bagi perusahaan. Pendekatan Environmental Management Accounting (EMA) tepat untuk dipakai dalam masalah ini, karena melalui EMA didapatkan informasi mengenai aliran material atau energi, dan dampak ke lingkungan berdasarkan biaya lingkungan yang dikeluarkan.
Jadi, selain menjadi isu yang sangat penting bagi kita semua karena kesehatan yang jelas dan kualitas implikasi hidup, apakah semua ini harus dilakukan dengan akuntansi manajerial? Jawabannya adalah bahwa biaya berhubungan dengan masalah lingkungan dalam satu atau lain cara yang sangatlah besar. Biaya lingkungan ini mengambil banyak bentuk, seperti menginstal scrubber pada cerobong asap untuk mematuhi peraturan EPA, meningkatkan proses produksi untuk mengurangi atau menghilangkan polutan tertentu, atau membersihkan sungai yang terkontaminasi. Pada bagian berikutnya, kita secara sistematis akan mengeksplorasi biaya ini dengan tujuan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengelolanya.

B.     ANALISIS BIAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Akuntansi Lingkungan (Environment Accounting/EA)
Praktek-praktek akuntansi tradisional seringkali melihat biaya lingkungan sebagai biaya mengoperasikan bisnis, meskipun biaya-biaya tersebut signifikan, meliputi: biaya sumberdaya, yaitu mereka yang secara langsung berhubungan dengan produksi dan mereka yang terlibat dalam operasi bisnis umum, pengolahan limbah, dan biaya pembuangan. Biaya reputasi lingkungan, dan biaya membayar premi asuransi resiko lingkungan.

Dalam banyak kasus, biaya-biaya lingkungan seperti yang berkaitan dengan sumberdaya alam (energi, udara, air) dimasukkan ke dalam satu jalur ‘biaya operasi’ atau ‘biaya administrasi’ yang diperlakukan independen dengan proses produksi. Juga biaya lingkungan sering didefinisikan secara sempit sebagai biaya yang terjadi dalam upaya pemenuhan dengan atau kaitan dengan hukum atau peraturan lingkungan. Hal ini karena sistem akuntansi cenderung berfokus pada biaya bisnis yang teridentifikasi secara jelas, bukan pada biaya dan manfaat pilihan alternatif.

Akuntansi Lingkungan (Environment Accounting) adalah biaya-biaya lingkungan yang dimasukkannya ke dalam praktik akuntansi perusahaan atau lembaga pemerintah. Sedangkan, menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau United States Environment Protection Agency (US EPA), akuntansi lingkungan merupakan fungsi yang menggambarkan biaya-biaya lingkungan yang harus diperhatikan oleh pemangku kepentingan perusahaan di dalam pengidentifikasian cara-cara yang dapat mengurangi atau menghindari biaya-biaya pada waktu yang bersamaan dengan usaha memperbaiki kualitas lingkungan. Oleh karena itu, akuntansi lingkungan mempunyai pengertian yang sama dengan akuntansi biaya lingkungan yaitu sebagai penggabungan informasi manfaat dan biaya lingkungan kedalam praktik akuntansi perusahaan atau pemerintah dengan mengidentifikasikan cara-cara yang dapat mengurangi atau menghindari biaya perbaikan.

Akuntansi Lingkungan secara spesifik mendefinisikan dan menggabungkan semua biaya lingkungan ke dalam laporan keuangan perusahaan. Bila biaya-biaya tersebut secara jelas teridentifikasi, perusahaan akan cenderung mengambil keuntungan dari peluang-peluang untuk mengurangi dampak lingkungan. Manfaat-manfaat dari mengadopsi akuntansi lingkungan dapat meliputi:
1.      Perkiraan yang lebih baik dari biaya sebenarnya pada perusahaan untuk memproduksi produk atau jasa. Ini bermuara memperbaiki harga dan profitabilitas
2.      Mengidentifikasi biaya-biaya sebenarnya dari produk, proses, sistem, atau fasilitas dan menjabarkan biaya-biaya tersebut pada tanggungjawab manajer
3.      Membantu manajer untuk menargetkan area operasi bagi pengurangan biaya dan perbaikan dalam ukuran lingkungan dan kualitas
4.      Membantu dengan penanganan keefektifan biaya lingkungan atau ukuran perbaikan kualitas
5.      Memotivasi staf untuk mencari cara yang kreatif untuk mengurangi biaya-biaya lingkungan.
6.      Mendorong perubahan dalam proses untuk mengurangi penggunaan sumberdaya dan mengurangi, mendaur ulang, atau mengidentifikasi pasar bagi limbah
7.      Meningkatkan kepedulian staf terhadap isu -isu lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja
8.      Meningkatkan penerimaan konsumen pada produk atau jasa perusahaan dan sekaligus meningkatkan daya kompetitif.

Konsep Ekoefisiensi
      Konsep ini mengandung tiga hal penting. Pertama, perbaikan kinerja ekologi dan ekonomi dapat dan sudah seharusnya saling melengkapi. Kedua, perbaikan kinerja lingkungan seharusnya tidak lagi dipandang hanya sebagai amal dan derma, tetapi juga sebagai persaingan (competitiveness). Ketiga, ekoefisiensi adalah suatu pelengkap dan pendukung pengembangan yang berkesinambungan (sustainable development). Pengembangan yang berkesinambungan didefinisikan sebagai pengembangan yang memenuhi kebutuhan saat ini, tanpa mengurangi kemampuan generasi masa depan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
      Ekoefisiensi mengimplikasikan peningkatan efisiensi yang berasal dari perbaikan kinerja lingkungan. Ada sejumlah sumber dari insentif dan penyebab peningkatan efisiensi.
1.      Pertama, pelanggan menginginkan produk yang lebih bersih, yaitu produk yang diproduksi tanpa merusak lingkungan serta penggunaan dan pembuangannya ramah lingkungan.
2.      Kedua, para pegawai lebih suka bekerja di perusahaan yang bertanggungjawab terhadap lingkungan dan akan menghasilkan produktivitas yang lebih besar.
3.      Ketiga, perusahaan yang bertanggungjawab terhadap lingkungan cenderung memperoleh keuntungan eksternal, seperti biaya modal yang lebih rendah dan tingkat asuransi yang lebih rendah.
4.      Keempat, kinerja lingkungan yang lebih baik dapat menghasilkan keuntungan sosial yang signifikan, seperti keuntungan bagi kesehatan manusia.
5.      Kelima, fokus pada perbaikan kinerja lingkungan membangkitkan keinginan para manajer untuk melakukan inovasi dan mencari peluang baru.
6.      Keenam, pengurangan biaya lingkungan dapat mempertahankan atau menciptakan keunggulan bersaing.
      Pengurangan biaya dan insentif kompetitif merupakan hal yang penting. Biaya lingkungan dapat merupakan persentase yang signifikan dari biaya operasional total. Pengetahuan mengenai biaya lingkungan dan penyebab-penyebabnya dapat mengarah pada desain ulang proses yang dapat mengurangi bahan baku yang digunakan. Jadi, biaya lingkungan saat ini dan di masa depan dikurangi sehingga perusahaan menjadi lebih kompetitif.
Biaya Lingkungan Perusahaan
Biaya lingkungan adalah biaya yang ditimbulkan akibat adanya kualitas lingkungan yang rendah, sebagai akibat dari proses produksi yang dilakukan perusahaan. Biaya lingkungan juga diartikan sebagai dampak, baik moneter atau non-moneter yang terjadi oleh hasil aktifitas perusahaan yang berpengaruh pada kualitas lingkungan.

Biaya lingkungan juga merupakan pengorbanan untuk menjaga kelestarian perusahaan. Yang dimaksud lingkungan perusahaan adalah objek di luar perusahaan yang terdiri dari:
1.      Lingkungan alam : Polusi udara dan air, kerusakan alam, biaya kerusakan alam,
2.      Lingkungan Ekonomi : Agraris subsistens, agraris komersial, perdagangan dan industry, biaya krisis ekonomi (buruh mogok, dsb),
3.      Lingkungan Sosial : Pranata sosial, lembaga sosial, biaya krisis sosial (protes masyarakat),
4.      Lingkungan politik : Pajak dan pungutan lainnya, kebijakan fiskal dan moneter, ideology, biaya kebijakan politik (BBM, Pajak, dan sebagainya),
5.      Lingkungan budaya : Adat-istiadat, kepercayaan, biaya kerusakan budaya (dekadensi moral).
Kelima lingkungan itu harus dikelola oleh perusahaan agar dampaknya tidak menimbulkan kerugian.

Kerusakan lingkungan akan berdampak terhadap biaya perusahaan, dan akhirnya akan mengakibatkan kerugian perusahaan. Misalnya, lingkungan alam yang rusak (polusi udara, air, kerusakan tanah), mengakibatkan naiknya biaya, lingkungan ekonomi yang rusak (kenaikan valuta asing) akan menaikkan biaya, lingkungan social yang rusak (huru-hara) mengakibatkan biaya produksi naik, lingkungan politik yang rusak karena adanya pungutan liar, mengakibatkan naiknya biaya overhead perusahaan, dan lingkungan budaya yang rusak karena pengaruh narkoba, mengakibatkan produktivitas kerja rendah. Semuanya itu berdampak pada naiknya biaya dan penurunan pendapatan perusahaan, yang berakibat kerugian.
           
Bagaimana perusahaan menjelaskan biaya lingkungan tergantung pada bagaimana perusahaan menggunakan informasi biaya tersebut (alokasi biaya, penganggaran modal, desain proses/produk, keputusan manajemen lain), dan skala atau cakupan aplikasinya. Tidak selalu jelas apakah biaya itu masuk lingkungan atau tidak, beberapa masuk zona abu-abu atau mungkin diklasifikasikan sebagian lingkungan sebagian lagi tidak.

Terminologi akuntansi lingkungan menggunakan ungkapan seperti full, total, true, dan life cycle untuk menegaskan bahwa pendekatan tradisional adalah tidak lengkap cakupannya karena mereka mengabaikan biaya lingkungan penting (serta pendapatan dan penghematan biaya).
Model Biaya Kualitas Lingkungan
      Dalam model kualitas lingkungan total, keadaan yang ideal adalah tidak ada kerusakan lingkungan. Kerusakan didefenisikan sebagai degradasi langsung dari lingkungan, seperti emisi residu benda padat, cair, atau gas ke dalam lingkungan (misalnya: pencemaran air dan polusi udara), atau degradasi tidak langsung seperti penggunaan bahan baku dan energi yang tidak perlu.
Biaya lingkungan dapat diklasifikasikan dalam empat kategori:
1.      Biaya Pencegahan Lingkungan (environmental prevention costs), adalah biaya-biaya untuk aktivitas yang dilakukan untuk mencegah diproduksinya limbah dan/atau sampah yang dapat merusak lingkungan.
Contoh: Evaluasi dan pemilihan pemasok, evaluasi dan pemilihan alat untuk mengendalikan polusi, desain proses dan produk untuk mengurangi dan menghapus limbah, melatih pegawai, mempelajari dampak lingkungan, audit risiko lingkungan, daur ulang produk, pemerolehan sertifikasi ISO 14001.3
2.      Biaya Deteksi Lingkungan (environmental detection costs), adalah biaya-biaya untuk aktivitas yang dilakukan untuk menentukan bahwa produk, proses, dan aktivitas lain di perusahaan telah memenuhi standar lingkungan yang berlaku atau tidak.
Contoh: Audit aktivitas lingkungan, pemeriksaan produk dan proses, pengembangan ukuran kinerja lingkungan, pelaksanaan pengujian pencemaran, verifikasi kinerja lingkungan dari pemasok, serta pengukuran tingkat pencemaran.
3.      Biaya Kegagalan Internal Lingkungan (environmental internal failure costs), adalah biaya-biaya untuk aktivitas yang dilakukan karena diproduksinya limbah dan sampah, tetapi tidak dibuang ke lingkungan luar.
Contoh: Pengoperasian peralatan untuk mengurangi atau menghilangkan polusi, pengolahan dan pembuangan limbah beracun, pemeliharaan peralatan polusi, lisensi fasilitas untuk memproduksi limbah, serta daur ulang sisa bahan.
4.      Biaya Kegagalan Eksternal Lingkungan (environmental external failure), adalah biaya-biaya untuk aktivitas yang dilakukan serta melepas limbah atau sampah ke dalam lingkungan. Biaya ini terbagi menjadi dua yaitu Biaya kegagalan eksternal yang direalisasi (realized external failure costs) adalah biaya yang dialami dan dibayar oleh perusahaan. Biaya kegagalan eksternal yang tidak direalisasikan (unrealized external failure costs) atau biaya sosial disebabkan oleh perusahaan, tetapi dialami dan dibayar oleh pihak-pihak di luar perusahaan.
Contoh biaya kegagalan eksernal yang direalisasi adalah: pembersihan danau yang tercemar, pembersihan minyak yang tumpah, pembersihan tanah yang tercemar, penggunaan bahan baku dan energi secara tidak efisien, penyelesaian klaim kecelakaan pribadi dari praktik kerja yang tidak ramah lingkungan, dll. Contoh biaya sosial adalah: mencakup perawatan medis karena udara yang terpolusi (kesejahteraan individu), hilangnya kegunaan danau sebagai tempat rekreasi karena pencemaran (degradasi), hilangnya lapangan pekerjaan karena pencemaran (kesejahteraan individual), dan rusaknya ekosistem karena pembuangan sampah padat (degradasi).

Klasifikasi Biaya Lingkungan
Ronald Hilton membagi jenis biaya lingkungan sebagai berikut:
1.      Biaya lingkungan Private vs Sosial. Satu perbedaan penting antara biaya privat dan sosial (atau biaya publik). Biaya lingkungan private yang ditanggung oleh perusahaan atau individu. Contohnya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mematuhi peraturan EPA atau untuk membersihkan danau yang tercemar. Biaya lingkungan sosial yang ditanggung oleh masyarakat luas. Contoh ini meliputi biaya-biaya yang ditanggung oleh pembayar pajak kepada staf EPA, biaya ditanggung oleh pembayar pajak untuk membersihkan sebuah danau atau sungai tercemar, biaya ditanggung oleh individu, perusahaan asuransi dan Medicare karena masalah kesehatan yang disebabkan oleh polutan, dan kualitas hidup unquantifiable, kita menanggung semua biaya dari lingkungan yang rusak. Sementara biaya-biaya lingkungan sosial penting bagi kita semua, kita akan memusatkan perhatian pada manajemen biaya lingkungan (environmental cost management), yang merupakan upaya sistematis untuk mengukur dan mengendalikan atau mengurangi biaya lingkungan private yang ditanggung oleh perusahaan atau organisasi lainnya.
2.      Biaya Lingkungan Terlihat (Visible ) vs Tersembunyi (Hidden). Biaya lingkungan sosial dan private dapat terlihat atau tersembunyi. Biaya lingkungan sosial terlihat (Visible) adalah yang dikenal dan diidentifikasi dengan jelas terkait dengan isu-isu lingkungan, seperti biaya pembayar pajak dari staf EPA atau membersihkan danau yang tercemar. Biaya lingkungan sosial tersembunyi (hidden) termasuk yang disebabkan oleh isu-isu lingkungan tetapi belum begitu diidentifikasi, seperti biaya yang ditanggung oleh individu, perusahaan asuransi, atau Medicare karena kanker yang disebabkan oleh polusi, tetapi tidak diidentifikasi dengan jelas seperti itu. Sebagai contoh, adalah melanoma (jenis kanker kulit serius) yang disebabkan oleh kecenderungan keturunan, kegagalan dalam menggunakan sun block, atau penipisan lapisan ozon yang dihasilkan dari emisi industri chlorofluorocarbons? Tidak ada yang tahu pasti.

United States Environmental Protection Agency (EPA) mengklasifikasikan biaya lingkungan dalam biaya konvensional, biaya tersembunyi, biaya kontingen, biaya image dan biaya sosial:
1)      Biaya konvensional: biaya penggunaan material, utilitas, barang modal, dan bahan pembantu yang dimasukkan sebagai harga barang jadi tetapi seringkali tidak dimasukkan sebagai biaya lingkungan. Akan tetapi, penggunaan yang berkurang dari bahan-bahan di atas dan limbah yang berkurang lebih menguntungkan secara lingkungan.
2)      Biaya tersembunyi adalah biaya tidak langsung yang berkaitan dengan desain produk dan proses yang ramah lingkungan, dan lain-lain.
3)      Biaya kontingen adalah biaya yang mungkin termasuk atau tidak termasuk pada waktu yang akan datang, misalnya: biaya kompensasi karena ‘kecelakaan’ lingkungan, denda dan lain-lain.
4)      Biaya Image adalah biaya lingkungan yang bersifat intangible karena dinilai secara subyektif.
5)      Biaya sosial merupakan biaya dari pengaruh bisnis pada lingkungan dan masyarakat disekitarnya, biaya ini juga disebut biaya eksternal atau externalities.

Biaya lingkungan menurut Schaltegger terbagi menjadi dua, yaitu biaya internal perusahaan dan biaya eksternal.
a)      Biaya lingkungan yang bersifat internal perusahaan meliputi biaya penanganan limbah, biaya pelatihan yang berhubungan dengan permasalahan lingkungan, biaya pelabelan yang berhubungan dengan lingkungan, biaya pengurusan perijinan, biaya sertifikasi lingkungan, dan sebagainya.
b)      Sedangkan biaya lingkungan yang bersifat eksternal meliputi biaya berkurangnya sumber daya alam, biaya polusi suara, biaya tercemarnya air, dan sebagainya.

Biaya lingkungan juga dapat dibedakan menjadi dua secara akuntansi, yaitu menjadi biaya langsung dan biaya tidak langsung.
a)      Biaya lingkungan langsung adalah biaya-biaya yang dapat ditelusuri secara langsung pada objek (misalnya biaya tenaga kerja akibat proses, biaya manajer untuk suatu produk, biaya penggunaan energi untuk produk, dan lain-lain).
b)      Biaya lingkungan tidak langsung adalah biaya yang dialokasikan untuk biaya obyek (biaya pelatihan mengenai lingkungan, biaya gaji manajer lingkungan, biaya pembelian produk yang tidak berpengaruh langsung terhadap proses, dan sebagainya).

Panduan GEMI dan EPA menjelaskan klasifikasi biaya lingkungan:
a)      Biaya konvensional: biaya penggunaan material, utilitas, benda modal, dan pasokan.
b)      Biaya berpotensi tersembunyi:
Ø  Biaya ‘upfront’ : yang terjadi karena operasi proses, sistem, atau fasilitas
Ø  Biaya ‘backend’: biaya prospektif, yang akan terjadi tidak tentu dimasa depan.
Ø  Biaya pemenuhan peraturan atau setelah pemenuhan (voluntary, beyond compliance), yaitu biaya yang terjadi dalam operasi proses, sistem, fasilitas, umumnya dianggap biaya overhead
c)      Biaya tergantung (contingent) : biaya yang mungkin terjadi di masa depan dijelaskan
dalam bentuk probabilistic.
d)     Biaya imej dan hubungan (image and relationship): seperti biaya pelaporan dan aktifitas hubungan masyarakat.

Tabel 1.1 Contoh Biaya Lingkungan dalam Perusahaan
Mengelola Biaya Lingkungan Private
Mari kita memfokuskan perhatian kita sekarang pada manajemen biaya lingkungan, atau pengukuran dan pengendalian atau pengurangan biaya lingkungan private.

Biaya Lingkungan Private Terlihat (Visible ) vs Tersembunyi (Hidden). Sekali lagi, kita perlu membedakan antara biaya terlihat (visible) dan tersembunyi (hidden). Biaya lingkungan private terlihat (visible) adalah yang terukur dan telah diidentifikasi dengan jelas isu-isu lingkungan terkait. Biaya lingkungan private tersembunyi (hidden) adalah yang disebabkan oleh isu-isu lingkungan tetapi belum begitu diidentifikasi oleh sistem akuntansi. Tabel.1 memberikan contoh baik biaya lingkungan private terlihat (visible) dan tersembunyi (hidden). Perhatikan bahwa biaya terlihat (visible) dan tersembunyi (hidden) yang tercantum dalam Tabel.1 diklasifikasikan lebih lanjut sebagai berikut:
·         Memonitor biaya (Monitoring costs). Memonitor biaya proses produksi untuk menentukan polusi yang dihasilkan (misalnya, biaya pengujian untuk kontaminan air limbah).
·         Pengurangan biaya (Abatement costs). Biaya yang dikeluarkan untuk mengurangi atau menghilangkan polusi (misalnya, mengubah desain produk untuk menggunakan bahan yang lebih mahal yang tidak menghasilkan pencemaran lingkungan).

·         Perbaikan biaya (Remediation costs) (yaitu, pembersihan biaya).
a.       Pemulihan di lokasi (On-site remediation). Biaya untuk mengurangi atau mencegah keluarnya polutan yang telah dihasilkan dalam proses produksi ke lingkungan (misalnya, biaya pemasangan scrubber pada cerobong asap untuk menghilangkan polutan udara tertentu dalam asap).
b.      Pemulihan di luar lokasi (Off-site remediation). Biaya untuk mengurangi atau menghilangkan polutan dari lingkungan setelah mereka habis (misalnya, biaya pembersihan sungai yang tercemar oleh operasi perusahaan).
Perbedaan antara biaya yang terlihat (visible) dan tersembunyi (hidden) yang tercantum dalam Tabel 1 adalah salah satu yang penting tapi samar. Perhatikan, misalnya biaya tambahan (Incremental cost) menggunakan bahan lebih mahal karena itu menyebabkan kurangnya (atau tidak) ada dampak negatif terhadap lingkungan. Apakah ini biaya yang terlihat atau tersembunyi? Jawabannya adalah tergantung pada apakah sistem akuntansi biaya ini telah diukur dan diidentifikasi sebagai biaya lingkungan. Studi menunjukkan bahwa biaya lingkungan banyak yang tersembunyi, karena sistem akuntansi tidak mengukur dan mengidentifikasi mereka sebagai biaya lingkungan. "Kebanyakan sistem akuntansi biaya yang terlihat menumpuk ke dalam kolam biaya lingkungan, terpisah dari kolam biaya overhead yang lain. Misalnya, banyak pabrik baja kolam kompilasi biaya terpisah untuk pengolahan air limbah, pemulihan, pembuangan limbah berbahaya, pengeluaran pengurangan polusi modal, dan penyusutan pada peralatan pengurangan polusi". Namun, biaya tambahan pabrik bahan baja disebabkan oleh perubahan dari Sinter untuk mengurangi polusi, dalam menanggapi peraturan lingkungan yang lebih ketat, biasanya tidak dilaporkan tersendiri oleh sistem akuntansi sebagai biaya lingkungan. Oleh karena itu, tetap merupakan biaya lingkungan tersembunyi (hidden).
Mengapa pada titik ini mengenai biaya yang terlihat (visible)  dibandingkan tersembunyi (hidden) begitu penting? Karena banyak pengamat percaya bahwa biaya yang terlihat dilaporkan oleh sistem akuntansi yang paling mungkin hanya sebagian kecil dari biaya tersembunyi. Sebuah studi pada industri baja, menyimpulkan bahwa biaya tersembunyi hampir 10 kali biaya terlihat.

Tabel 1.2 Private Environment Costs

Visible costs
Hidden Costs
Monitoring
1.      Memeriksa produk terkontaminasi
2.      Mengukur kontaminasi terhadap proses atau mesin
3.      Memverifikasi kepatuhan vendor dengan standar lingkungan.

1.      Inspeksi produk
2.      Tambahan biaya staf pengadaan untuk memastikan kepatuhan vendor dengan standar lingkungan.
Pengurangan
4.      Kualifikasi vendor untuk kepatuhan lingkungan.
5.      Daur ulang bahan, wadah, atau air.
6.      Merancang produk dan proses untuk mengurangi atau menghilangkan dampak lingkungan yang negatif.
7.      Melakukan analisis dampak lingkungan.
3.      Incremental material costs yang dikeluarkan untuk menggunakan bahan polusi yang kurang.
4.      Incremental direct-labor costs yang dikeluarkan untuk melakukan tugas yang terkait untuk mengurangi polusi.
5.      Incremental costs yang lebih mahal yang dipasang semua atau sebagian untuk mengurangi polusi.
6.      Incremental costs untuk membeli hybrid kendaraan (bertenaga listrik dan bensin) untuk mengurangi polusi udara.
Perbaikan
Di lokasi
(On-site)








Di luar lokasi
(Off-site)

8.      Instalasi pengurangan polusi atau perangkat eliminasi
9.      Membuang limbah beracun dengan cara yang ramah lingkungan
10.  Pengobatan limbah beracun




11.  Membersihkan lokasi yang tercemar (misalnya, air, tanah, atau bangunan)
12.  Mempertahankan atau menata tuntutan hukum lingkungan
13.  Membayar denda EPA

7.       Incremental direct-labor costs yang dikeluarkan untuk mempertahankan pemulihan peralatan.
8.       Incremental energy atau biaya overhead lainnya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan pemulihan peralatan.

9.       Incremental direct-labor costs bagi para pekerja yang digunakan untuk melakukan pembersihan lingkungan tugas.
10.   Margin kontribusi yang hilang pada penjualan yang hilang akibat catatan lingkungan yang kurang menguntungkan atau reputasinya.

Strategi Biaya Lingkungan

Ada tiga strategi untuk mengelola biaya lingkungan.
1.      Strategi Akhir dari pipa (End of pipe strategy). Dalam pendekatan ini, perusahaan menghasilkan limbah atau polutan, dan kemudian membersihkannya sebelum dibuang ke lingkungan. Scrubber cerobong asap, pengolahan air limbah, dan filter karbon udara adalah contoh-contoh strategi akhir pipa.
2.      Strategi Proses perbaikan (Process improvement strategy). Dalam pendekatan ini, perusahaan memodifikasi produk dan proses produksi untuk menghasilkan polutan sedikit atau tidak ada, atau mencari cara untuk mendaur ulang limbah internal.
3.      Strategi pencegahan (Prevention strategy). "Strategi utama untuk memaksimalkan nilai dari kegiatan pencemaran yang berhubungan dengan melibatkan ... tidak menghasilkan polutan apapun di tempat pertama. Dengan strategi ini, perusahaan menghindari semua masalah dengan pihak berwenang dan dalam banyak kasus, menghasilkan perbaikan laba yang signifikan. "

Environmental Management Accounting (EMA)
      Guna menanggulangi masalah pengelolaan lingkungan, kini telah mulai dikembangkan Environmental Management Accounting (EMA) sebagai perangkat untuk membantu usaha para manajer dalam meningkatkan performa finansial sekaligus kinerja lingkungannya. Secara sistematis, EMA mengintegrasikan aspek lingkungan dari perusahaan ke dalam akuntasi manajemen dan proses pengambilan keputusan. Selanjutnya EMA membantu pelaku bisnis/manager untuk mengumpulkan, menganalisa dan menghubungkan antara aspek lingkungan dengan informasi moneter maupun fisik.

      Definisi Environmental Management Accounting (EMA) menurut The International Federation of Accountants adalah manajemen lingkungan dan performansi ekonomi melalui pengembangan dan implementasi sistem akuntansi yang berhubungan dengan lingkungan dan prakteknya secara tepat. Hal ini dapat mencakup pelaporan dan audit pada beberapa perusahaan, secara umum EMA meliputi LCC, full cost accounting, benefit assessment, dan perencanaan strategis untuk manajemen lingkungan.

      Fokus Environmental Management Accounting untuk suatu perusahaan berbeda-beda, tergantung pada tujuannya, informasi apa yang hendak dicapai dalam penerapan EMA, misalnya untuk manajer suatu departemen akan berfokus terhadap informasi mengenai EMA yang diterapkan untuk departemennya saja, atau misalnya perusahaan ingin mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan EMA dalam satu siklus hidup sebuah produk (Life Cycle Analysis).

      EMA yang dikembangkan oleh Burrit et.al mengintergrasikan dua komponen lingkungan yaitu monetary environmental management accounting (MEMA) dan physical environmental management accounting (PEMA), lihat Tabel 1.3. Pada Tabel 1.3, dapat dilihat bahwa EMA terbagi dalam dua dimensi waktu yaitu waktu lampau dan waktu yang akan datang. Tiap dimensi waktu, terbagi lagi dalam informasi yang reguler dan ad hoc.

      EMA adalah kerangka yang komprehensif dalam membahas akuntansi lingkungan. Dalam hubungan dengan akuntansi lingkungan, ada konsensus utama:
Ø  Dampak lingkungan terhadap finansial perusahaan (MEMA) dan
Ø  Dampak lingkungan terhadap sistem lingkungan (PEMA).

      Dampak lingkungan pada sistem ekonomi dinyatakan dalam bentuk monetary environmental information yaitu semua dampak masa lalu, sekarang dan pada waktu yang akan datang dari aliran uang, misalnya: pengeluaran dan pendapatan karena produksi bersih, denda karena melanggar aturan lingkungan.

      Dampak lingkungan terhadap sistem lingkungan dinyatakan dalam physical environmental information. Pada tingkat perusahaan, physical environmental information termasuk semua material dan energi yang dikeluarkan pada masa lalu, sekarang dan pada waktu yang akan datang yang mempengaruhi sistem ekologi. Physical environmental information selalu dinyatakan dalam satuan fisik, misalnya: kilogram atau joules.

Tabel 1.3 Kerangka Environmental Management Accounting (EMA)

            Monetary Environmental Management Accounting (MEMA) berkenaan dengan aspek lingkungan dari aktivitas perusahaan yang dinyatakan dalam bentuk uang dan digunakan untuk manajemen internal, misalnya: untuk biaya membayar denda karena melanggar aturan lingkungan. Dalam bentuk metode, MEMA didasarkan atas akuntansi manajemen konvensional yang diperluas untuk masalah lingkungan. Hal ini merupakan alat utama untuk keputusan manajemen internal, juga untuk menelusuri dan memperlakukan biaya dan pengeluaran yang terjadi karena tindakan perusahaan yang mempengaruhi lingkungan. MEMA berkontribusi terhadap perencanaan strategis dan operasional, menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan tentang bagaimana mencapai target yang diinginkan dan mengendalikan secara bertanggung-jawab.

            Physical Environmental Management Accounting (PEMA) menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen yang berfokus pada dampak perusahaan terhadap lingkungan alam yang dinyatakan dalam satuan fisik seperti kilogram.

Ada tiga dimensi dari EMA yaitu:
Ø  Time frame yaitu waktu lampau, sekarang dan waktu yang akan datang
EMA berorientasi pada waktu lampau dan waktu yang akan datang untuk PEMA dan MEMA. Tabel 1.3 membedakan antara MEMA dan PEMA yang tersedia bagi manajemen untuk membahas isu lingkungan dengan fokus pada pengukuran transaksi masa lampau, transformasi atau bahkan prediksi hasil transaksi yang akan dilakukan. Misalnya, akuntansi biaya lingkungan pada kiri atas secara rutin menyediakan informasi jangka pendek tentang aktivitas yang telah terjadi terhadap produk atau divisi di perusahaan.
Ø  Panjang dari time frame yaitu jangka pendek dan jangka panjang dan
EMA juga membahas isu jangka pendek dan jangka panjang. Panjangnya waktu berkaitan dengan panjangnya horison perencanaan. Jika horison perencanaan panjang, digunakan PEMA atau MEMA jangka panjang yang biasanya melibatkan investasi.
Ø  Rutinitas dari informasi yaitu informasi rutin dan ad hoc
Dari pandangan pengambilan keputusan manajemen secara internal, waktu lampau dan waktu yang akan datang dapat dibedakan menjadi informasi yang didapatkan secara rutin maupun secara ad hoc.

Beberapa keuntungan yang dapat dicapai oleh usaha/kegiatan yang menerapkan EMA antara lain :
1.      EMA dapat menghemat pengeluaran usaha. Dampak dari isu-isu lingkungan dalam biaya produksi seringkali tidak diperkirakan sebelumnya. Hal ini digambarkan sebagai gunung es (ice-berg) yang bisa menenggelamkan laju kapal. EMA dapat membantu untuk mengidentifikasi dan menganalisa biaya tersembunyi (hidden cost), misalnya biaya minimisasi limbah yang hanya memasukkan biaya insenerasi dan pembuangan limbah, namun juga memasukkan biaya material, opearsional, buruh dan administrasi.
2.      EMA dapat membantu pengambilan keputusan. Keputusan yang menguntungkan harus didasarkan pada berbagai informasi penting. EMA membantu pengambil keputusan dengan informasi penting tentang biaya tambahan yang disebabkan oleh isu-isu lingkungan. EMA membuka kembali biaya produk dan proses spesifik yang seringkali tersembunyi dalam bagian overhead cost usaha/kegiatan.
3.      EMA meningkatkan performa ekonomi dan lingkungan usaha. Ada banyak cara positif untuk meningkatkan performa usaha/kegiatan atau organisasi, seperti investasi teknologi bersih, kampanye minimalisasi limbah, pengenalan sistem pengendalian pencemaran udara, dll. Dari sekian banyak cara tersebut, mana yang menguntungkan? Guna mengidentifikasi perangkat-perangkat tersebut dalam meningkatkan pembagian tingkat keuntungan usaha/kegiatan dengan menurunkan dampak lingkungan dari produk dan proses produksi, EMA memberikan solusi saling menguntungkan (win-win situations). Usaha/kegiatan diharapkan akan mempunyai performa lebih baik baik pada sisi ekonomi maupun sisi lingkungan.
4.      EMA akan mampu memuaskan semua pihak terkait. Penerapan EMA pada usaha/kegiatan secara simultan dapat meningkatkan performa ekonomi dan kinerja lingkungan. Oleh karena itu akan berimplikasi pada kepuasan pelanggan dan investor, hubungan baik antara Pemerintah Daerah dan masyarakat sekitar, serta memenuhi ketentuan regulasi. Usaha/kegiatan berpeluang untuk memenuhi keuntungan usaha, mengurangi resiko dari berbagai pelanggaran hukum dan meningkatkan hubungan baik secara menyeluruh dengan stakeholders laiinya.
5.      EMA memberikan keunggulan usaha/kegiatan. EMA meningkatkan keseluruhan berbagai metoda dan perangkat yang membantu usaha/kegiatan dalam meningkatkan laba usaha dan pengambilan keputusan. Sangat mudah dalam penerapannya baik pada usaha menengah keatas maupun usaha kecil. EMA membantu salah satu pengambilan keputusan penting seperti investasi baru dalam fungsi pengelolaan usaha seperti akuntasi biaya. Hal ini sangat memungkinkan diaplikasikan pada semua jenis sector industri dan kegiatan.

Para pengambil keputusan di perusahaan dapat menggunakan informasi dan data yang diperoleh dari EMA sehingga dapat mengambil keputusan dengan lebih baik, dengan mempertimbangkan perhitungan fisik (dari material dan energi) dan juga kinerja finansial. Jika perusahaan berupaya untuk meminimalkan biaya berbarengan dengan meningkatkan kinerja lingkungan (misalnya mengurangi limbah), EMA dapat memberikan informasi penting yang berkaitan dengan kedua hal tersebut.

Data dan informasi yang diperoleh dengan melakukan EMA di perusahaan dapat memberikan keuntungan untuk kegiatan-kegiatan pro-lingkungan sebagai berikut:
a.       Pencegahan Pencemaran
b.      Design for Environment
c.       Penilaian / Pembiayaan / Desain Daur Hidup Lingkungan
d.      Manajemen Supply Chain
e.       Pembelian dengan pertimbangan lingkungan
f.       Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001)
g.      Evaluasi Kinerja Lingkungan & Benchmarking
h.      Reporting (CSR Reporting maupun Environmental Performance Reporting)

C.    PELAPORAN BIAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Pengukuran Biaya Lingkungan
Biaya lingkungan harus dikelola dengan efektif dan efisien agar: 1) produk harus lebih berdaya guna, dan 2) perusahaan dalam melakukan pengurangan biaya dengan cara: a) mengurangi dampak negatif lingkungan, b) mengkonsumsi sumber daya alam secara efektif. Biaya lingkungan perlu dilaporkan secara terpisah berdasarkan klasifikasi biayanya. Hal ini dilakukan supaya laporan biaya lingkungan dapat dijadikan informasi yang informatif untuk mengevaluasi kinerja operasional perusahaan terutama yang berdampak pada lingkungan.

Pelaporan biaya lingkungan adalah penting jika sebuah organisasi serius memperbaiki kinerja lingkungannnya dan mengendalikan biaya lingkungannya. Langkah pertama yang baik adalah laporan yang memberikan perincian biaya lingkungan menurut kategori.

Pelaporan biaya lingkungan menurut kategori memberikan dua hasil yang penting :
1.               Dampak biaya lingkungan terhadap profitabilitas perusahaan, dan
2.               Jumlah relatif yang dihabiskan untuk setiap kategori.

Dengan mengelola lingkungan perusahaan secara efektif dan efisien, perusahaan dapat membantu pembangunan secara berkesinambungan sehingga pelanggan dapat mengkonsumsi produk yang ramah lingkungan. Di samping itu karyawan dapat bekerja dalam situasi kondusif, biaya modal perusahaan rendah, biaya asuransi kesehatan rendah, dan masyarakat dapat hidup sehat.

Biaya lingkungan dapat dikelompokkan ke dalam biaya gagal eksternal dalam dimensi biaya mutu yang besarnya dapat dihitung dari total biaya produksi. Makin tinggi biaya lingkungan, makin tinggi beban biaya perusahaan dan menurunkan laba, atau mungkin dapat mengakibatkan kerugian. Perhitungan biaya lingkungan disajikan dalam tabel 1.4, 1.5, dan 1.6.






Tabel 1.4
Laporan Biaya Lingkungan
Biaya Produksi Rp. 20.000, diproduksi 1.000 unit

Jenis Biaya
Rp
%
Biaya Pencegahan :
-          Pelatihan
-          Desain produk
-          Pemilihan peralatan

60
180
40
280



1,4

Biaya Pemeriksaan :
-          Pemeriksaan proses
-          Pemeriksaan bahan

240
80
320


1,6
Biaya gagal internal :
-          Biaya produk rusak atau cacat
-          Biaya pemeliharaan peralatan

400
200
600


3
Biaya gagal eksternal :
-          Biaya lingkungan alam (polusi udara, air)
-          Biaya lingkungan ekonomi ( kerugian valas)
-          Biaya lingkungan social (huru-hara, pemogokan)
-          Biaya lingkungan politik (pungutan liar)
-          Biaya lingkungan budaya (narkoba)
-          Biaya kebersihan
-          Biaya penataan lahan
-          Biaya klaim kerusakan

200
200
200
200
200
200
200
400
1.800








9
Total
3.000
15


Tabel 1.5
Pembebanan Biaya Lingkungan

Jenis Biaya
Biaya Per Unit
Biaya produksi per unit (20.000/1.000 unit)
20
Biaya pencegahan (280/1.000 unit)
0,028
Biaya pemeriksaan (320/1.000 unit)
0,032
Biaya gagal internal (600/1.000 unit)
0,60
Biaya gagal eksternal (1.800/1000 unit )
0,180
Total biaya produksi
23





Tabel 1.6
Perhitungan Laba-Rugi Berbasis Biaya Lingkungan
(Harga per unit Rp 25, biaya pemasaran dan administrasi 10% dari penjualan)


Keterangan
Ada Biaya Lingkungan
(Rp)
Tidak Ada Biaya Lingkungan (Rp)
Pendapatan atas penjualan
25.000
25.000
Biaya produksi per unit (20.000/1.000 unit) = 20
20.000
20.000
Biaya pencegahan (280/1.000 unit) = 0,028
280
0
Biaya pemeriksaan (320/1.000 unit) = 0,032
320
0
Biaya gagal internal (600/1.000 unit) = 0,06
600
0
Biaya gagal eksternal ( 1800/1000 unit) = 0,18
1.800
0
Laba Kotor
2.000
5.000
Biaya pemasaran dan administrasi 10 % x 25.000
2.500
2.500
Laba (rugi) operasi
(500)
2.500

Keterangan Tabel 1.6 :
      Jika perusahaan tidak membayar biaya lingkungan, maka ia memperoleh laba operasi Rp 2.500, dan jika ia membayar biaya lingkungan ia menderita kerugian Rp 500. Oleh sebab itu perusahaan harus mengelola biaya lingkungan serendah-rendahnya agar tidak menderita kerugian.

D.    CONTOH KASUS
Contoh Kasus Manajemen Lingkungan: ECP IBM (Karlsson, 2001)
            Kasus ini merupakan salah satu kasus terbaik gambaran praktek sukses manajemen lingkungan yang berorientasi pada nilai tambah pada pemegang saham, yang juga menguntungkan perusahaan, menuju sustainable development.
            Program Environmentally Conscious Product (ECP) di perusahaan International Business Machine (IBM), produsen hardware komputer berpusat di AS, memiliki awal sejarah di pembentukan gugus tugas bagi ECP di tahun 1991. Ditahun yang sama Engineering Centre didirikan untuk menyediakan dukungan teknis, laboratorium evaluasi dan teknis untuk atribut-atribut lingkungan bagi produk-produk IBM. Program ECP secara resmi diluncurkan di tahun 1992, tapi kemudian berevolusi dengan pengenalan pada perangkat dan rutinitas diseluruh perusahaan di IBM dalam pengembangan produk dan dengan lokasi industri dan sistem logistiknya, bagi pemulihan produk end-of-life. Sasaran-sasaran dan prioritas bagi program ECP bagi semua produk-produk baru:
a.       Mengembangkan produk dengan pertimbangkan kemampuan upgrade mereka untuk memperpanjang waktu hidup produk.
b.      Mengembangkan produk dengan pertimbangan bagi reuse mereka dan kemampuan daur ulang mereka di akhir waktu hidup produk.
c.       Mengembangkan produk yang dapat dibuang secara aman diakhir waktu hidup produk
d.      Mengembangkan dan merakit produk yang menggunakan material-material daur ulang dimana memenuhi aspek teknis dan ekonomis
e.       Mengembangkan produk-produk yang akan memberikan perbaikan pada efisiensi energi dan atau pengurangan konsumsi energi.

Secara organisasional, program ECP independent/terpisah dari IBM Corporate Environmental Affair, dimana adalah fungsi staf yang bertanggungjawab bagi aktifitas-aktifitas umum manajemen lingkungan lain. Ini termasuk isu-isu seperti pelaporan lingkungan, isu-isu Health & Safety, seperti halnya manufaktur dan peraturan lingkungan terkait tapak dan pencegahan polusi.

Program ECP IBM dimana sebagian lebih tua daripada sistem ISO 14001, berperan sebagai tulang punggung manajemen Design for Environment (DfE) di IBM. Program manajemen DfE formal kemudian dapat dikatakan memiliki sertifikasi IBM yang sesuai dengan ISO 14001. Isu-isu lingkungan di IBM terbagi antara fungsi bagian lingkungan perusahaan dan program ECP.  Isu-isu yang berhubungan bagi model Green Concurrent Engineering (GCE), seperti pelaporan lingkungan dan audit ISO 14001 akan sebagian berada diluar program ECP. Harus dicatat bahwa saluran komunikasi dan pertukaran informasi dibuat bagi 2 fungsi tersebut dan bahwa program ECP dilaporkan dalam laporan lingkungan tahunan IBM, seperti halnya melalui saluran lain seperti koran 4 bulanan ECP.

      Proses pertama dokumentasi lingkungan dari produk diperkenalkan di tahun 1970an, yaitu Product Environmental Profile (PEP). Sejak diperkenalkan, bentuk-bentuk dan kandungan dokumen telah mengalami banyak revisi. Sebagai contoh, metoda penilaian didasarkan pada metrik produk yang telah diuji di pengkajian skala pilot di tahun 1996 dan kemudian diperkenalkan pada PEP, dan versi online terkomputerisasi kemudian diimplementasikan sejak 1998.

      Di tahun 1997, IBM memperoleh sertifikasi tunggal sesuai ISO 14001 yang berlaku seluruh dunia termasuk semua manufaktur global dan operasi-operasi pengembangan hardware. Dengan peristiwa ini, struktur formasi manajemen bagi program ECP berada dalam cakupan EMS ISO 14001. Pertimbangan lingkungan juga telah terintegrasi kedalam proses Integrated Product Development (IPD) IBM. 

DAFTAR PUSTAKA

Hansen, Don R dan Mowen.  Accounting Managerial, 8th Ed, Salemba Empat: Jakarta.edisi 7 buku 2, 2007.





I Wayan Suartana.   Akuntansi Lingkungan dan Triple Bottom Line Accounting: Paradigma Baru Akuntansi Bernilai Tambah. Jurnal Bumi Lestari, Vol 10 No.1, 2010

Ronald Hilton. Managerial Accounting: Creating Value in a Dynamic Business Environment, 7th Edition: McGraw-Hill, 2008

Sigar Tigor Benjamin Tambunan. Kerangka Kerja Penilaian Investasi Lingkungan (Environmental Performance Appraisal). Jurnal Teknik Industri, Vol. 9 No. 2, 2007

Wirmie Eka Putra. 2008. Penerapan Akuntansi Lingkungan dan Akuntansi Manajemen Lingkungan sebagai Komponen Dasar Perencanaan Strategi Bisnis. Percikan, Vol 24, 2008.


5 VLP'ers comment:

Ardiyani Sawitri Dewi said...

such a really great blog!! nice to visiting ^_^

Violetta Palace said...

@Ardiyani Sawitri Dewi :: hehe.. Thank U sista,, may be useful n don't forget to visit again sista... Salam kenal yaa ^_^05

bloodterfly_indah said...

pretty cute blog >.<
makasih infonya..sangat membantu ^^d

Violetta Palace said...

@bloodterfly_indah : Heheh,, sama-sama sobat,, Makasih kunjungannya.. ^_^05

Unknown said...

blognya pake thema apa namanya ?

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo