Monday, October 10, 2011

Keindahan dan Eksotisme Pantai Siung

Pantai Siung terletak di sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan. Menjangkau pantai ini dengan sepeda motor atau mobil menjadi pilihan banyak orang, sebab memang sulit menemukan angkutan umum. Colt atau bis dari kota Wonosari biasanya hanya sampai ke wilayah Tepus, itupun mesti menunggu berjam-jam. 

Menelusuri potensi pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul tentu pertama kali yang terlintas di benak kita adalah wisata pantai yang begitu menawan, dengan pesona pasir putih yang diapit perbukitan seribu, ditaburi segala keunikan fenomena karst-nya. Dari sekian banyak pantai yang terbentang sejajar di pesisir selatan kabupaten terluas di Provinsi DIY ini, terdapat satu lokasi yang sangat digemari para pecinta wisata minat khusus panjat tebing, yaitu Pantai Siung. 

Dari sisi pariwisata, Pantai Siung belum lama dibuka. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini sebenarnya merupakan cekungan dengan panjang sekitar 400 meter, diapit karang-karang yang merupakan bagian dari perbukitan karst Pegunungan Seribu. Meskipun menghadap langsung ke laut, Pantai Siung tidak direkomendasikan sebagai tempat berenang. Selain pantainya berupa bebatuan karang, ombak Laut Selatan yang dikenal ganas pun turut menjadikan pantai ini kurang ideal untuk tempat berenang. Untuk meminimalkan risiko, Pemerintah pun telah memasang larangan berenang di pantai ini.
  
Namun demikian, eksotisme Pantai Siung justru terletak pada bebatuan karang yang menawarkan beragam pesona. Bagi para pecinta fotografi, jajaran karang di pantai ini menjadi salah satu tempat ideal untuk pengambilan foto outdoor. Dengan latar belakang laut serta pemandangan unik perbukitas karst, Pantai Siung menawarkan landscape yang sangat khas, yang sulit ditemui di pantai-pantai lainnya. Bahkan jika beruntung, sekawanan kera ekor panjang yang kadang berkeliaran di sekitar karang tersebut akan menghiasi foto Anda dan menambah kealamian hasil jepretan kamera.  
  
Sebagai maskotnya, hal yang paling menarik dari Pantai Siung ini adalah adanya ratusan jalur pemanjatan, baik yang masih alami maupun yang telah dipasangi alat bantuan pemanjatan. Bahkan sedemikian unik jalur pemanjatan ini juga telah menginspirasi para pecinta panjat tebing untuk memanfaatkan Pantai Siung dalam ajang (Asian Climbing Gathering) pada tahun 2005 yang lalu. Event tersebut selanjutnya turut mendongkrak popularitas pantai ini sehingga PantaiSiung semakin dikenal masyarakat luas, bukan hanya di kalangan para pecinta alam namun juga wisatawan umum. 
Pantai Siung kaya akan karang-karang raksasa. Tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan, juga tempat tepat untuk menikmati panorama pantai. Ada pula karang menyerupai siung wanara yang menjadi dasar penamaan pantai.


***Sumber : (id.yahoo.com,, google pict)



0 VLP'ers comment:

Post a Comment

Kesopanan berkomentar cerminan dari kepribadian kita ! Silakan berkomentar sobat ^_*05

From VLP To Friends

Blog Indonesia

blog-indonesia.com

VLP Chats

Hitstats

Indonesia Blogger

Blogger Indo